MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTS MANBA’UL IHSAN AL BAEDLOWI KARANG PUCUNG KERTANEGARA

Rokhimah, NIM.2010739 (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DI MTS MANBA’UL IHSAN AL BAEDLOWI KARANG PUCUNG KERTANEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of rokhimah.pdf] Text
rokhimah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Rokhimah, Manajemen Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Di MTs Manba’ul Ihsan Al Baedlowi Karang Pucung Kertanegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2020.
Tesis ini membahas tentang Manajemen Pendidikan Berbasis Pondok Pesantren Di MTs Manba’ul Ihsan Al Baedlowi Karang Pucung Kertanegara dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan berbasis pondok pesantren? 2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan berbasis pondok pesantren? 3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan berbasis pondok pesantren? 4) Bagaimana pengawasan dan evaluasi pendidikan berbasis pondok pesantren di MTs Manba’ul Ihsan Al Baedlowi Karang Pucung Kertanegara?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan, kultur kepesantrenan yang dapat diadaptasi dalam pengorganisasian sekolah sekurnganya kemandirian, kesalehan, kedisiplinan, tanggung jawab dan kepatuhan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan berbasis pondok pesantren terdiri dari: a) merumuskan visi, misi dan tujuan; b) penyusunan kurikulum; c) merumuskan tujuan pendidikan; d) sistem madrasah dan sistem pesantren; 2) Pengorganisasian pendidikan berbasis pondok pesantren merupakan proses pembagian kerja bagi masing-masing komponen madrasah, mulai dari kepala madrasah sampai dengan guru dan karyawannya, agar tercipta sistem kerja yang sistematis; 3) Pelaksanaan pendidikan berbasis pondok pesantren meliputi lima bidang program pelaksanaan, yaitu bidang kurikulum, kesiswaan, keuangan dan sarana dan prasarana dan personalia; 4) Pengawasan dan evaluasi pendidikan berbasis pondok pesantren di MTs Manba’ul Ihsan Al Baedlowi Karang Pucung Kertanegara dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi dan pengawasan di Madrasah Tsanawiyah Manbau,ul Ihsan Al Baedlowi Karang Pucung dilakukan oleh Kepala Madrasah melalui pengawasan langsung, inspeksi mendadak (sidak), dan pengarahan secara berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh. Adapun kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh dewan guru melalui dua macam ujian yaitu ujian lisan dan ujian tulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhyidin,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan, pondok pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:04
Last Modified: 07 Dec 2022 03:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item
View Item