GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PENDIDIK DI SDN 03 KEJENE KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG

Diah Sabarotin NIM: 2010800, NIM: 2010800 (2022) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA PENDIDIK DI SDN 03 KEJENE KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Diah Sabarotin final (1).pdf] Text
Tesis Diah Sabarotin final (1).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Diah Sabarotin, NIM: 2010800, Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik SDN 03 Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah fenomena kepemimpinan yang telah terjadi di dalam berbagai lembaga pendidikan, di mana banyak kepemimpinan kepala sekolah yang menggunakan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda, demi menunjang meningkatnya kualitas kinerja pendidik, terlebih seluruh elemen yang ada di dalam lembaga pendidikan. Sehingga peneliti menyadari betapa pentingnya menggali nilai-nilai kepemimpinan demokratis yang ada di dalam sebuah lembaga pendidikan SDN 03 Kejene Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan lapangan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pendekatan dengan cara orientasi atau deskripsi dengan (grand tour question). Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk kemudian peneliti analisis secara deskriptif hasil-hasil interaksi dengan para narasumber bersangkutan untuk kemudian disajikan hingga menemui kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, kepala sekolah secara demokrasi melibatkan pendidik dalam setiap musyawarah yang dapat meningkatkan kinerja pendidik, meskipun terdapat minim fasilitas dan kendala yang banyak. Hal ini juga tidak lepas dari bagaimana kepala sekolah mengontrol, mengawasi dan mengatur jalannya situasi pendidikan di dalam lembaga. Kedua, bahwa kepala sekolah tetap menggunakan asas demokrasi kepada tenaga pendidik dalam setiap kebijakan yang akan dibuat, sehingga tenaga pendidik tidak terlepas dari program meningkatkan kualitas kinerja. Hal ini juga tidak lepas dari bagaimana kepala sekolah mengontrol, mengawasi dan mengatur jalannya situasi pendidikan di dalam lembaga Ketiga, bahwa kepala sekolah selalu memberikan ruang kepada komite sekolah untuk ikut berperan dalam setiap musyawarah, dan komite sekolah dalam tugasnya selalu mengamati serta membimbing jalannya pendidikan secara mufakat.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kepala Sekoalah, Kualitas Kinerja Pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kepala Sekoalah, Kualitas Kinerja Pendidik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:35
Last Modified: 07 Dec 2022 02:35
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item
View Item