STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI GUPPI KALILUNJAR BANJARMANGU BANJARNEGARA

Eko Sujatmiko, NIM : 2010772 (2022) STRATEGI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI GUPPI KALILUNJAR BANJARMANGU BANJARNEGARA. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS EKO SUJATMIKO REVISI FIXX.pdf] Text
TESIS EKO SUJATMIKO REVISI FIXX.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Eko Sujatmiko, NIM: 2010772. Strategi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI GUPPI Kalilunjar Banjarmangu Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen, 2022. Upaya peningkatan kinerja guru disekolah bukan masalah yang sederhana, tetapi memerlukan yang baik dan melibatkan berbagai pihak yang terkait. Tujuan penelitian ini mengkaji lebih dalam supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualiatif. Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama didukung informan penelitian ini yakni kepala, wakil kepala dan guru, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data analisis dengan model interaktif dengan alur, pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI GUPPI Kalilunjar Banjarmangu, meliputi (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dirumuskan dengan model pendekatan kolaboratif disusun pada awal tahun. Jenis programnya meliputi Program tahunan, program semester yang disusun berdasarkan identifikasi, analisa dan evaluasi tahun sebelumnya. (2) Strategi pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah; pendelegasian wakil kepala sekolah dan guru senior untuk melaksanakan supervisi, menggunakan teknik Teknik supervisi individual dan Teknik Supervisi kelompok meliputi supervisi guru terhadap kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar dengan membangun komunikasi yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif maupun kolaboratif, tehnik individu dan kelompok. (3) Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah membahas catatan, melakukan umpan balik kepada guru baik dalam catatan instrument maupun pembinaan cara individual maupun kelompok kepada guru dan pembinaan melalui rapat sekolah dan melakukan refleksi, serta bimbingan personal dan kelompok untuk mengikut sertakan guru-guru dalam diklat serta kegiatan KKG.
Kata Kunci: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:10
Last Modified: 07 Dec 2022 02:10
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item
View Item