KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU KLAPA DESA KLAPA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Suprihatin, NIM. 2010786 (2022) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MA’ARIF NU KLAPA DESA KLAPA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of suprihatin.pdf] Text
suprihatin.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak :
Penerapan kepemimpinan transformasional berdampak bawahan loyal dan respek kepada pimpinannya. Kepemimpinan transformasional menimbulkan keefektifitasan suatu organisasi. Karakteristik kepemimpinan transformasional yakni pengaruh idealisme, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan konsiderasi individual. Tujuan penelitian ini mengkaji kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dan upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma’arif NU Klapa, melalui empat komponen yaitu idealisasi pengaruh, motivasi inspiratif, stimulasi intelektual, dan konsiderasi individual. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Kepemimpinan Transorformasional Avolio sebagai pisau analisis, didukung teori Rafetty dan Griffin juga teori lain yang relevan. Data penelitian diambil dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informan, kepala madrasah, dan guru. Analisis data meliputi reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan melakukan verifikasi ulang.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya kepemimpinan transformasional kepala MI Ma’arif NU Klapa dalam meningkatkan kinerja guru meliputi 4 indikator, (1) Pengaruh idealisme kepercayaan bawahan dibangun agar kinerja sesuai visi misi, memberikan tugas sesuai bidangnya, menjadi teladan, membangun komitmen bawahan untuk bertanggungjawab terhadap tugasnya, (2) Motivasi inspiratif dengan memberikan penghargaan (reward) kepada guru yang berprestasi sebagai bentuk perhatian dan pemacu motivasi guru untuk meningkatkan kinerja, (3) Stimulasi intelektual dengan mendiskusikan permasalahan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kinerja melalui rapat bulanan rutin, terbuka dengan berbagai masukan dari guru, (4) Konsiderasi individual dengan bermusyawarah mencari solusi, guru yang kesulitan dibimbing secara individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Imam Satibi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:41
Last Modified: 07 Dec 2022 02:41
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item
View Item