SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH BAGI GURU DI MTs COKROAMINOTO LEBAKWANGI PEGEDONGAN BANJARNEGARA

Hadi Mulyono, NIM : 2010776 (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH BAGI GURU DI MTs COKROAMINOTO LEBAKWANGI PEGEDONGAN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Hadi Mulyono ok.pdf] Text
Tesis Hadi Mulyono ok.pdf - Published Version

Download (986kB)

Abstract

Hadi Mulyono, Supervisi Akademik Kepala Madrasah Bagi Guru di MTs Cokroaminoto Lebakwangi Pegedongan Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Tesis ini membahas tentang Supervisi Akademik Kepala Madrasah Bagi Guru di MTs Cokroaminoto Lebakwangi Pegedongan Banjarnegara ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah melalui monitoring dan evaluasi? 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah melalui monitoring dan evaluasi bagi guru? 3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala madrasah melalui monitoring dan evaluasi bagi guru di MTs Cokroaminoto Lebakwangi Pegedongan Banjarnegara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah yaitu dengan: a) pembentukan tim pelaksana; b) menentukan sasaran; dan c) menentukan alat ukur; 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dilaksanakan dengan teknik-teknik sebagai berikut: a) Teknik Observasi kegiatan pembelajaran oleh guru di dalam kelas; b) Wawancara dengan guru yang bersangkutan; c) Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan secara berkelompok; 3) Evaluasi supervisi akademik kepala madrasah bagi guru dilakukan dengan kepala madrasah memanggil guru ke ruangan untuk diberikan bimbingan dan arahan secara face to face ya seperti wawancara juga, selanjutnya setelah ada penilaian baru bapak bisa menetukan berapa orang guru yang kinerjanya masih rendah, dan berapa orang yang sudah bagus. Setelah itu baru diadakan peningkatan misalnya dengan mengirim guru untuk mengikuti pelatihan; 4) Tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah bagi guru di MTs Cokroaminoto Lebakwangi Pegedongan Banjarnegara akademik dilakukan dengan cara mereview hasil penilaian, mengapresiasi kinerja guru, dan menimbang hal-hal yang perlu di tingkatkan kembali di supervisi yang akan datang.
Kata Kunci: supervisi, kepala madrasah, monitoring, evaluasi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: supervisi, kepala madrasah, monitoring, evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:22
Last Modified: 06 Dec 2022 07:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item
View Item