MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN Karangkandri 03 Kecamatan Kesugihan Kabupatan Cilacap)

Vaozan, NIM: 2010801 (2022) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN Karangkandri 03 Kecamatan Kesugihan Kabupatan Cilacap). Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS VAOZAN FIX OKE.pdf] Text
TESIS VAOZAN FIX OKE.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Vaozan, NIM: 2010801. Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN Karangkandri 03 Kecamatan Kesugihan Kabupatan Cilacap), Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022. Penelitian yang berjudul “Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pembelajaran PAI di SDN Karangkandri 03 Kecamatan Kesugihan Kabupatan Cilacap) bertujuan: 1) Mendeskripsikan implementasi manajemen kelas pada pembelajaran model problem based learning pada mata pelajaran PAI di kelas V B SDN Karangkandri 03; 2) Mendeskripsikan desain pembelajaran PAI dengan menggunakan model problem based learning di kelas V B SDN Karangkandri 03; 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan keaktifan dan perbaikan hasil belajar siswa dengan manajemen kelas dan menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran PAI di kelas V B SDN Karangkandri 03. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, sesuai dengan objek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam hal ini peneliti mengambil lokasi di kelas V B SDN Karangkandri 03, metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data, serta menggunakan uji keabsahan data melalui Uji kredibilitas data, Uji Transferability, Uji Dependability, dan Uji Konfirmability. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi/ menyimpulkan data (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen Kelas pada Mata Pelajaran PAI di kelas V B SDN Karangkandri 03 telah baik, guru PAI memiliki kemampuan dalam pelaksanaan manajemen kelas. Guru PAI sangat berperan dalam merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan kelas; 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PAI SDN Karangkandri 03 sudah sesuai dengan langkah-langkah yang ada dalam pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaannya juga sudah cukup baik karena didukung dengan adanya persiapan guru sebelum mengajar, dengan membuat RPP dan membagi serta mengarahkan kelompok belajar siswa; 3) Upaya guru mata pelajaran PAI di Kelas V B SDN Karangkandri 03 dalam mengaktifkan dan hasil perbaikan belajar siswa di kelas dengan manajemen kelas dan model PBL ternyata mendapatkan respon yang baik dari siswa dan sebagian besar siswa terlihat aktif belajar di kelas. Melalui manajemen kelas yang baik membuat siswa menjadi nyaman dan terarah dalam belajar, dan dengan PBL siswa dituntut aktif saling bertanya dan belajar mandiri melalui sumber belajar dan media belajar yang telah disediakan sekolah.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Muhyidin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Model Problem Based Learning, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:57
Last Modified: 06 Dec 2022 04:09
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item
View Item