MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MI KURIPAN KIDUL KABUPATEN CILACAP DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Umi Songidah NIM: 2010804, NIM: 2010804 (2022) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MI KURIPAN KIDUL KABUPATEN CILACAP DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS UMI SONGIDAH, 2010804, KELAS D CILACAP.pdf] Text
TESIS UMI SONGIDAH, 2010804, KELAS D CILACAP.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Umi Songidah, NIM: 2010804 Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MI Kuripan Kidul Kabupaten Cilacap Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022. Penerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan awal yang dilakukan lembaga pendidikan menjelang tahun ajaran baru. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengadakan seleksi, seleksi dilakukan sebagai upaya untuk memilih peserta didik yang berkualitas dari para calon peserta didik yang lain. Pemilihan cara yang tepat selalu menjadi pertimbangan lembaga pendidikan agar kegiatan seleksi penerimaan peserta didik baru berjalan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Penelitian ini dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan, dengan fokus penelitian, yaitu: 1. Bagaimana Perencanaan Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MI Kuripan Kidul Kabupaten Cilacap dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan? 2. Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MI Kuripan Kidul Kabupaten Cilacap dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan? 3. Bagaimana Evaluasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MI Kuripan Kidul Kabupaten Cilacap dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan? 4. Bagaimana Perbaikan Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MI Kuripan Kidul Kabupaten Cilacap dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan? Penelitian yang kami lakukan adalah kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi seleksi peneriman peserta didik dalam menyaring calon peserta didik Yang Berkualitas terdapat 4 macam, yaitu: 1) Menggunakan srategi presentasi; 2) Menggunakan seleksi yang ketat dan terintegrasi; 3) Membuka dua jalur pendaftaran; 4) Menggunakan strategi pencitraan. Proses Penerimaan Peserta Didik Baru secara keseluruhan terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu: pembentukan kepanitiaan, mengadakan rapat koordinasi pada seluruh panitia, mengadakan sosialisasi PPDB, pendaftaran peserta didik baru, melakukan seleksi peserta didik baru, penentuan peserta didik yang diterima, pengumuman hasil seleksi, dan daftar ulang. Kendala yang dihadapi dalam seleksi penerimaan peserta didik baru yaitu; 1) Sistem yang tidak tepat sasaran; 2) Kurangnya sosialisasi tata cara mendaftaran melalui online; 3) Mensinergikan panitia dengan keterbatasan waktu dan kesempatan; 4) Terjadinya kecurangan dari peserta didik. Implikasi pelaksanaan seleksi penerimaan peserta didik baru untuk peningkatan mutu lembaga pendidikan yaitu: 1) Mempermudah dalam menentukan minat dan bakat peserta didik; 2) Mempermudah dalam pengembangan potensi peserta didik; 3) Mempermudah pelaksanaan proses pembelajaran; 4) Meningkatkan pelayanan pendidikan; 5) Meningkatkan prestasi sekolah.
Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Peserta Didik, Mutu Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:30
Last Modified: 06 Dec 2022 02:30
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item
View Item