KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANJARNEGARA

Tofik Turochim, NIM : 2110825 (2022) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 BANJARNEGARA. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Tofik Turochim ok finish.pdf] Text
Tesis Tofik Turochim ok finish.pdf - Published Version

Download (910kB)

Abstract

Tofik Turochim, Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Tesis ini membahas tentang Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banjarnegara ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana kemampuan kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi? 2) Bagaimana kemampuan kepala madrasah memberikan dorongan yang menginspirasi? 3) Bagaimana kemampuan kepala madrasah mengembangkan ide kreatif? 4) Bagaimana kemampuan kepala madrasah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu pendidikan di MIN 3 Banjarnegara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kemampuan kepala madrasah mengimplementasikan visi dan misi tercermin dari perilaku kepala madrasah dalam penyusunan visi dan misi madrasah dengan diskusi bersama, pembuatan program pendidikan dengan berpedoman pada standar mutu pendidikan, mengedepankan keteladanan, serta menggerakkan warga madrasah; 2) Kemampuan kepala madrasah memberikan dorongan yang menginspirasi melalui kisah-kisah inspiratif para pejuang, pemberian contoh dalam menjalankan organisasi dan mendorong untuk meningkatkan kualitas kerja; 3) Kemampuan kepala madrasah mengembangkan ide kreatif tercermin dari perilaku kepala madrasah dalam membudayakan penyelesaian masalah melalui sistem diskusi, menerima saran, kritik dan ide baru yang berguna bagi perkembangan madrasah, memberikan dukungan guru dan karyawan untuk mengembangkan produktivitas kerja melalui pembinaan yang disesuaikan dengan kebutuhan; 4) Kemampuan kepala madrasah memberikan perhatian individu dalam meningkatkan mutu pendidikan MIN 3 Banjarnegara tercermin dari perilaku kepala madrasah dalam memberikan reward bagi warga madrasah yang berprestasi, memberikan teguran secara lisan dan santun bagi warga madrasah yang melakukan kesalahan, membangun komunikasi dan menjalin silaturrahmi sebagai cara membangun ikatan emosional kepada seluruh warga madrasah.
Kata Kunci: kepemimpinan, transformasional, mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, transformasional, mutu pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:08
Last Modified: 06 Dec 2022 02:08
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item
View Item