MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU LIMBANGAN

Budiono, NIM.2010742 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU LIMBANGAN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of budiyono.pdf] Text
budiyono.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Budiono, Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU Limbangan, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Tesis ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU
Limbangan dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar? 2) Bagaimana pengorganisasian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar? 3) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar? 4) Bagaimana pengendalian dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Ma‟arif NU Limbangan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif. Datanya diperoleh dengan cara menggunakan
angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu guru membuat dan menyiapkan (a)
program tahunan (PROTA), (b) program semester (PROMES), dan (c) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program-program dalam perencanaan, khususnya RPP; 2) Pengorganisasian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan dengan (a) menyediakan fasilitas, perlengkapan dan
personel; (b) pengelompokkan komponen pembelajaran; (c) membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi pembelajaran; (d) merumuskan dan menetapkan metode dan prosedur pembelajaran; dan (e) memilih, mengadakan latihan dan pendidikan dalam upaya pertumbuhan jabatan guru dilengkapi dengan sumber-sumber lain yang diperlukan; 3) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di melalui kegiatan apersepsi, pendekatan pembelajaran metode pembelajaran dan media pembelajaran; 4) Pengawasan dan evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilakukan untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, serta digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dan non-tes dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan
kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhyidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, prestasi, belajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:36
Last Modified: 05 Dec 2022 03:36
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item
View Item