MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA

Sugiyanto, NIM : 2010790 (2022) MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KALIAJIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Sugiyanto ok.pdf] Text
Tesis Sugiyanto ok.pdf - Published Version

Download (926kB)

Abstract

Sugiyanto, Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Tesis ini membahas tentang Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana identifikasi pemasaran jasa pendidikan? 2) Bagaimana segmentasi pemasaran jasa pendidikan? 3) Bagaimana target pemasaran jasa pendidikan? 4) Bagaimana positioning dalam manajemen pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Identifikasi pemasaran jasa pendidikan adalah untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat akan pendidikan, serta melihat kompetitor atau pesaing lembaga pendidikan yang setingkat; 2) Segmentasi pemasaran jasa pendidikan terdiri dari empat segmentasi yaitu; a) Segmentasi Demografi; b) Segmentasi Geografis; c) Segmentasi Psikografi; d) Segmentasi Manfaat; 3) Target pemasaran jasa pendidikan adalah masyarakat yang telah lulus dari pendidikan anak usia dini yaitu TK/RA yang berada di sekitar madrasah tersebut; 4) Positioning pemasaran jasa pendidikan untuk meningkatkan minat masyarakat di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kaliajir Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara adalah memiliki keunggulan untuk ditawarkan ke masyarakat berupa program pembiasaan dan ekstrakulikuler yang setiap tahunnya selalu di tingkatkan untuk mengembangkan bakat yang dimiliki oleh siswa-siswanya. Berdasarkan temuan di atas, membuktikan bahwa teori pemasaran pendidikan menurut Philip Kotter dan Kevin Lane Keller, dapat dijadikan rujukan lembaga pendidikan dalam memasarkan jasa pendidikan agar lebih diminati masyarakat.
Kata Kunci: manajemen, pemasaran, jasa pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: manajemen, pemasaran, jasa pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:46
Last Modified: 05 Dec 2022 03:46
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item
View Item