STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN

Siti Fadilatul Aqilah, NIM : 2010729 (2022) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS DI SMP VIP AL HUDA KEBUMEN. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS SITI FADILATUL AQILAH.pdf] Text
TESIS SITI FADILATUL AQILAH.pdf - Published Version

Download (982kB)

Abstract

Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Di SMP VIP Al Huda Kebumen.
Strategi merupakan cara untuk menghasilkan sesuatu yang ingin dicapai. Strategi pemasaran pendidikan adalah cara lemabga ataupun sekolah dalam memasarkan jasa pendidikan di suatu lembaga maupun sekolah. Dalam pemasaran pendidikan perlu adanya strategi dalam meningkatkan kuantitas. Kuantitas sangat penting untuk menunjang keberlangsungan SMP VIP Al Huda. SMP VIP Al Huda merupakan sekolah berbasis pesantren. Sekolah berbasis pesantren ini menjadi branding SMP VIP Al Huda di daerah Kebumen. akan tetapi, semakin bertambahnya zaman, sekolah berbasis pondok pesantren sudah semakin banyak. Perlu adanya strategi yang jitu agar eksistensi SMP VIP Al Huda tetap terjaga. Salah satunya yakni dengan mempertahankan kuantitas di SMP VIP Al Huda. (1) Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pelayanan jasa pendidikan dalam meningkatkan kuantitas di SMP VIP Al Huda Kebumen. (2) Mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan kuantitas di SMP VIP Al Huda Kebumen. (3) Mendeskripsikan dampak strategis pemasaran terhadap kuantitas di SMP VIP Al Huda Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tenik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasih data. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) layanan jasa pendidikan di SMP VIP Al Huda mengutamakan akhlaqul karimah. Dengan akhlaqul karimah, proses pelayanan jasa pendidikan di SMP VIP Al Huda berjalan baik dan lancar, karena di dukung dengan attitude yang pelanggan merasa nyaman dan merasa puas dengan pelayanan di SMP VIP AL Huda. (2) srategi pemasaran pendidikan di SMP VIP Al Huda tidak bisa lepas dari para jama’ah dan alumni Pondok Pesantren Al Huda. Selain itu juga karena pengasuh yang juga termasuk tokoh masyarakat yakni Bupati Kabupaten Kebumen menjadi ciri khas tersendiri bagi SMP VIP Al Huda. (3) Dampak adanya strategi pemasaran jasa pendidikan di SMP VIP Al Huda sangat bagus karena setiap tahun jumlah siswa di SMP VIP Al Huda selalu bertambah. Hal tersembut membuktikan bahwa pemasran jasa pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kuantitas peserta didik di sekolah.
Kata kunci : Strategi, pemasaran pendidikan, kuantitas siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Strategi, pemasaran pendidikan, kuantitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:50
Last Modified: 05 Dec 2022 01:50
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item
View Item