Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga

Sefi Latifah, NIM. 2010738 (2022) Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Sefi Latifah Revisi Munaqosah (1).pdf] Text
Tesis Sefi Latifah Revisi Munaqosah (1).pdf - Published Version

Download (714kB)

Abstract

Sefi Latifah, Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2020.Tesis ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum berbasis kearifan lokal? 2) Bagaimana pengorganisasian kurikulum berbasis kearifan lokal? 3) Bagaimana pelaksanaan/Implementasi kurikulum berbasis kearifan lokal? 4) Bagaimana evaluasi kurikulum berbasis kearifan lokal MI Ma’arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum berbasis kearifan lokal adalah dengan a) menyusun visi, misi dan tujuan yang sesuai dengan kurikulum kearifan lokal, b) menyusun strategi pelaksanaan, c) menyusun team work (tim kerja) penyusun kurikulum, d) menyediakan fasilitas penunjang; 2) Pengorganisasian kurikulum berbasis kearifan lokal terdiri dari kepala madrasah sebagai penanggung jawab, dibantu oleh guru sebagai tim penyusun kurikulum dan guru sebagai pelaksana kurikulum; 3) Pelaksanaan/Implementasi kurikulum berbasis kearifan lokal diaplikasikan dalam: a) kearifan lokal dalam mata pelajaran matematika, bahasa jawab, pendidikan batik dan seni budaya; b) kearifan lokal dalam kegiatan ekstrakurikuler, olah pangan, dan seni tari; 4) Evaluasi kurikulum berbasis kearifan lokal MI Ma’arif NU 03 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran, dan evaluasi pencapaian kompetensi peserta didik dilakukan oleh guru dengan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.
Kata Kunci: manajemen, kurikulum, kearifan lokal

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. Muhyidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen, kurikulum, kearifan lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2022 03:55
Last Modified: 04 Dec 2022 06:40
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/531

Actions (login required)

View Item
View Item