PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 KALIJARAN

Zahroh, NIM.2010737 (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1 KALIJARAN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of zahroh.pdf] Text
zahroh.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Zahroh,Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 1 Kalijaran, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022. Tesis ini membahas tentang Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 1 Kalijaran ni dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1)
Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dengan prestasi belajar siswa? 2) Adakah pengaruh kinerja guru dengan prestasi belajar siswa? 3) Adakah pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 1 Kalijaran ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif. Datanya diperoleh dengan cara menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan perhitungan regresi diperoleh konstanta positif sebesar 3.017 dimana variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah (X1) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,915 dengan nilai t hitung 1,108. Semakin meningkat
kepemimpinan kepala madrasah, maka prestasibelajar siswa akan mengalami peningkatan; 2) Kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel Kinerja Guru (X2) mempunyai angka signifikan > 0,05 yaitu sebesar 0,17 dengan nilai t hitung 2.505 maka disimpulkan bahwa variabel Kinerja Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi
Belajar; 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru berpengaruh secara simultanterhadap hasil prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU 1 Kalijaranyang diperoleh dari perhitungan F hitung sebesar 159,686 dengan
signifikan < 0,05 yaitu sebesar 0,000. Dari hasil tersebut diketahui bahwa persamaan garis regresi dapat dipakai untuk memprediksi Prestasi Belajar, atau bisa dikatakan variabel Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru secara
bersama-sama berpengaruh terhadap Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, Kepala madrasha, kinerja, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2022 03:38
Last Modified: 04 Dec 2022 03:38
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item
View Item