MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MTs MINAT DIBAWAH NAUNGAN YAYASAN BADAN AMAL KESEJAHTERAAN ITTIHADUL ISLAMIYYAH (Ya BAKII) KESUGIHAN CILACAP

Khusnul Muslikhah, NIM: 2010719 (2022) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MTs MINAT DIBAWAH NAUNGAN YAYASAN BADAN AMAL KESEJAHTERAAN ITTIHADUL ISLAMIYYAH (Ya BAKII) KESUGIHAN CILACAP. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of tesiskhusnul.pdf] Text
tesiskhusnul.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Khusnul Muslikhah, NIM: 2010719. Manajemen Pemasaran Pendidikan di MTs MINAT Kesugihan dibawah Naungan Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) Kesugihan Cilacap. Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022. Manajemen adalah faktor yang sangat penting dalam sebuah organisasi, tak terkecuali dalam lembaga pendidikan. Manajemen berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan sumber daya manusia dan material yang ada dalam sebuah lembaga. Dalam proses manajemen organisasi, pemasaran memainkan peran yang penting karena dengan pemasaran sebuah lembaga bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sebagus atau sebaik apapun sekolah tidak akan diketahui masyarakat apabila tidak dipasarkan dengan baik. Manajemen pemasaran inilah yang menjadi fokus penelitian. Penelitian ini dilakukan di MTs MINAT Kesugihan Cilacap, dengan tujuan untuk mengungkap praktik manajemen pemasaran di lembaga pendidikan tersebut. MTs MINAT Kesugihan Cilacap dipilih karena menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding MTs maupun SMP swasta lain di wilayah Kesugihan. Berdasarkan data penelitian, jumlah siswa yang mendaftar dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan selalu melebihi kuota yang disediakan. Hal ini terbukti dengan jumlah siswa yang terus meningkat dalam kurun waktu 4 (empat) tahun terakhir ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 28 Desember 2021 - 30 Mei 2022. Data-data dianalisis dengan teori manajemen George R.Terry dan teori bauran pemasaran (marketing mix) dari Philip Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan di MTs MINAT Kesugihan cukup maksimal. Hal ini terlihat dari strategi 7p yang diterapkan dengan menggunakan beberapa pendektan, target pasar sasarannya hanya berada di kalangan santri di Kesugihan dan siswa dibawah naungan Ya Bakii, Madrasah melakukan positioning dengan program unggulan, pembiasaan karakter, dan ekstrakurikuler yang menjadi keunggulan. Dalam keberlangsungan kegiatan pemasaran, ternyata MTs MINAT memiliki proses yang cukup panjang mulai dari fase sebelum melakukan kegiatan pemasaran sampai fase melakukan kegiatan pemasaran. Adapun keberlangsungan kegiatan pemasaran juga dipengaruhi oleh nama baik pesantren dan alumni yang aktif dan giat di masyarakat sehingga secara tidak langsung ikut memberi dampak positif terhadap eksistensi madrasah dimata masyarakat.
Kata kunci : Manajemen, Pemasaran, dan Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen pembimbing : Dr. H. Imam SAtibi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pemasaran, dan Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2022 02:52
Last Modified: 04 Dec 2022 02:52
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item
View Item