MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR TAHFIDZUL QURAN AD-DIIN (SDTQ AD-DIIN)

Miftakhul Karim, NIM.201072 (2022) MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR TAHFIDZUL QURAN AD-DIIN (SDTQ AD-DIIN). Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of tesis miftakhul karim.pdf] Text
tesis miftakhul karim.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftakhul Karim, NIM: 2010721, Manajemen Integrasi Kurikulum
Pesantren dan Sekolah di Sekolah Dasar Tahfidzul Quran Ad-Diin (SDTQ Ad-Diin) Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022. Kurikulum merupakan komponen utama dalam sistem pendidikan nasional,termasuk didalamnya sistem pendidikan Islam, yang senantiasa dikembangkan sebagai upaya pemenuhan terhadap psikologis, spiritual, maupun material masyarakatnya yang diselaraskan dengan tujuan pendidikan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendiskripsikan perencanaan dan organisasi integrasi kurikulum pesantren dan sekolah di SDTQ Ad-Diin. Kedua, mendiskripsikan pelaksanaan integrasi kurikulum pesantren dan sekolah di SDTQ Ad-Diin. Ketiga,
mendiskripsikan evaluasi integrasi kurikulum pesantren dan sekolah di SDTQ AdDiin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus di Sekolah Dasar Tahfidzul Quran Ad-Diin (SDTQ Ad-Diin) Mangli Kuwarasan Kebumen. pengumapalan data dilakukan dengan cara wawancara yang mendalam, dokumentasi, dan observasi partisipan. teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi.
Hasil penelitian di Sekolah Dasar Tahfidzul Quran Ad-Diin adalah 1) perencanaan dan pengorganisasian integrasi kurikulum dilakukan dengan mengintegrasikan tujuan kurikulum dan pengorganisasian kurikulum pesantren dan sekolah dengan menggunakan model fragmented model. 2) pelaksanaan integrasi kurikulum pesantren dan sekolah dilakukan dengan mengintegrasikan program pelaksanaan kurikulum dan
mengintegrasikan supervise kurikulum pesantren dan sekolah. 3) evaluasi integrasi kurikulum pesantren dan sekolah menggunakan evaluasi dengan CIPP yang meliputi evaluasi kontek, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Bahrul Ilmie,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Manajemen integrasi, Kurikulum Pesantren, dan Kurikulum Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2022 02:58
Last Modified: 04 Dec 2022 02:58
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item
View Item