STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN

Siti Rojiatur Rochmah, NIM : 2010712 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR PETANAHAN. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis Bu Rohmah FIX 22 Nov 2022.pdf] Text
Tesis Bu Rohmah FIX 22 Nov 2022.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Siti Rojiatur Rochmah. 2010712. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan pada Madrasah Tsanawiyah Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Petanahan. Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya persaingan lembaga pendidikan. Seiring dengan banyaknya lembaga pendidikan yang berdiri, Pendidikan berbasis agama Islam semakin diminati oleh masyarakat. Keberadaan MTs Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Petanahan sebagai lembaga Pendidikan yang sudah lama berdiri namun tetap eksis dan diminati oleh pelanggan, serta loyalitas para alumni dan orang tua peserta didik yang tinggi terhadap madrasah, Hal tersebut tidak lepas dari strategi komunikasi pemasaran serta peran para alumni yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap almamaternya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan metode pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang menghubungkan empat bagian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya mengecek keabsahan data menggunakan dua bagian yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Petanahan telah melaksanakan strategi komunikasi pemasaran untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya. Kegiatan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah untuk menyebarkan informasi, menarik konsumen, dan pembelian ulang sehingga harapan serta dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Dr. H. M. Bahrul Ilmie, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pemasaran, Loyalitas Pelanggan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 06:45
Last Modified: 03 Dec 2022 06:45
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item