KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSNAWIYAH AL HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

SUKIRAH, NIM.2010797 (2022) KEPEMIMPINAN MUTU KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSNAWIYAH AL HIDAYAH PURWASABA MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of sukirah.pdf] Text
sukirah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sukirah, Kepemimpinan Mutu Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Purwasaba Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022.
Tesis ini membahas tentang kepemimpinan mutu kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsnawiyah Al
Hidayah Purwasaba Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:
1) Bagaimana kepala madrasah melakukan proses perbaikan; 2) Bagaimana kepala madrasah menentukan standar mutu; 3) Bagaimana kepala madrasah melakukan perubahan kultur; 4) Bagaimana kepala madrasah perubahan organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Purwasaba Mandiraja Kabupaten Banjarnegara?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Kepala madrasah melakukan perbaikan terus menerus dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan melalui:
a) Peningkatan Mutu Guru, b) Perbaikan Proses Pembelajaran, c) Siswa “sebagai
pusat” (student centered learning), d)Perbaikan Sarana dan Prasarana; 2) Kepala madrasah menentukan standar mutu dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan dengan: a) Pengambilan keputusan dengan bijak; b) Pengawasan terhadap kinerja guru; dan c) Kebijakan Standar Mutu; 3) kepala madrasah melakukan perubahan kultur dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan dengan: a) Pengembangan kualitas SDM terutama guru; b) Pengembangan sarana dan Prasarana; c) Memberikan tugas mandiri; d) Mengkaji krurikulum dan
silabus; e) Peningkatan manajemen; f) Meningkatkan sumber dana; dan g) Sangat mengutamakan pelayanan prima; 4) Kepala madrasah melakukan perubahan organisasi dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Purwasaba Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu a) Tahap unfreezing adalah tahap dimana pemimpin perubahan mengintensifkan perasaan tidak puas para pengikutnya terhadap situasi kini, b) Tahap moving, dapat dimulai, c) Tahap freezing yaitu menghentikan proses
perubahan untuk menjadikan hasil perubahan itu sebagai kebiasaan baru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Satibi,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, mutu, kinerja, guru
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 04:22
Last Modified: 03 Dec 2022 04:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item
View Item