PERAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MAN 3 KEBUMEN

Ngaisah, NIM: 2010710 (2022) PERAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MAN 3 KEBUMEN. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Tesis_Ngaisah_Revisi (1).pdf] Text
Tesis_Ngaisah_Revisi (1).pdf - Published Version

Download (928kB)

Abstract

Ngaisah, NIM: 2010710, Peran Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 3 Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022
Peran manajerial adalah seperangkat perilaku yang diharapkan dilakukan olah seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang manajer (pemimpin). Kepala madrasah sebagai manajer merupakan factor kunci yang menentukan sukses atau gagalnya madrasah dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran kepala madrasah sebagai manajer. Mintzberg mengidentifikasi 10 peran yang diidentifikasi dari seorang manajer dalam 3 kategori dasar yaitu interpersonal role (peran antar pribadi), informational role (peran pemroses informasi) dan decisional role (peran pengambilan keputusan).Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dengan triangulasi. Dan analisis yang digunakan model analisis miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Secara umum penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai manager,Pertama: ia selalu memberikan pedoman dan arahan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan demi kemajuan madrasah yang dipimpinnya, mampu menciptakan kondisi lingkungan kerja dan iklim yang kondusif sehingga ia patut menjadi teladan bagi warga madrasah. Kedua: Dalam hal hubungan kerja ia menandatangani dokumen-dokumen, menjalin dan mempertahankan kerja sama dengan pihak luar yang mendukung program madrasah. Sebagai sumber informasi ia mampu mengelola informasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Ia menerima dan menyampaikan informasi penting kepada pihak yang dituju. Ketiga: Melalui program JST ia mampu menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan siswa. Kepala madrasah bekerja sama dengan guru, wali kelas dan guru BK untuk menangani gangguan yang menghambat kegiatan madrasah. Sebagai pengalokasi sumber daya madrasah , kepala madrasah membuat struktur organisasi madrasah, memberikan SK sesuai keahliannya masing-masing dan memberikan penghargaan kepada siswa maupun guru yang berprestasi. Peran manajerial kepala madrasah di MAN 3 Kebumen secara umum berdampak langsung pada peningkatan prestasi Madrasah Aliyah Negeri 3 Kebumen berhasil membawa MAN 3 Kebumen masuk dalam urutan ke-6 daftar madrasah berprestasi se-Jawa Tengah dengan berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik.
Kata Kunci : Peran Manajerial , Kepala Madrasah, Kualitas Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhyidin, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Manajerial , Kepala Madrasah, Kualitas Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:45
Last Modified: 03 Dec 2022 03:45
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item
View Item