MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI SD IT AL MADINAH PANJER KEBUMEN

Fika Istiqomah, NIM: 2010768 (2022) MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO MASYARAKAT DI SD IT AL MADINAH PANJER KEBUMEN. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of TESIS_FIKA ISTIQOMAH_2010768_PASCA IAINU.pdf] Text
TESIS_FIKA ISTIQOMAH_2010768_PASCA IAINU.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Fika Istiqomah, NIM: 2010768, MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SD ISLAM TERPADU AL MADINAH PANJER KEBUMEN Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2022.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di SD Islam Terpadu Al Madinah Kebumen. Penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan strategi pemasaran, pelaksanaan strategi pemasaran, dan evaluasi strategi pemasaran yang berhubungan dengan minat animo masyarakat di kebumen ini khususnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data berdasarkan kondisi alam, sumber data primer, teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi, wawancara rinci, studi literatur pustaka, serta penelitian lapangan, melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dicek melalui diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama strategi pemasaran pendidikan telah dilakukan dengan perencanaan pemasaran yang matang, implementasi atau pelaksanaan kegiatan pemasaran sesuai dengan tahapan yang direncanakan serta evaluasi dari pihak sekolah sampai pihak yayasan tersebut. Kedua, strategi bauran pemasaran dengan penempatan lokasi sekolah yang sangat strategis yaitu di tengah Kota, biaya pendidikan yang terjangkau oleh orang tua peserta didik dari kalangan menengah keaatas. Lulusan peserta didik yang berkualitas baik akademik maupun agamanya serta berakhlakul karimah, menguasai hadist dan maknanya, dzikir sore serta tahfidz Al Quran yang menggunakan metode UMMI, serta keterampilan dan kegiatan promosi yang dilaksanakan dengan beberapa Cara serta media informasi dan komunikasi baik pendekatan wali peserta didik, komite ataupun mengundang sekola – sekolah TK di kecamatan kebumen.
Kata kunci: Manajemen, Strategi pemasaran, bauran pemasaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Strategi pemasaran, bauran pemasaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 03:06
Last Modified: 03 Dec 2022 03:06
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item
View Item