MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIDI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NU SINDANG KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Pratikno, NIM.2010751 (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIDI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MA’ARIF NU SINDANG KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of pratikno.pdf] Text
pratikno.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pratikno,Manajemen Pendidikan Inklusi Di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2022.
Tesis ini membahas tentang Manajemen Pendidikan Inklusi Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma‟arif NU Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalinggadimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan inklusi? 2) Bagaimana pengorganisasian pendidikan inklusi? 3)
Bagaimana pengendalian pendidikan inklusi?4) Bagaimana
pengawasan dan evaluasi pendidikan inklusi di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU Sindang Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanlitatif. Datanya diperoleh dengan cara menggunakan
angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan pendidikan inklusi
dilakukan dengan perencanaan peserta didik, kurikulum dan tenaga pendidik. sarana
prasarana, dan pembiayaan. 2) Pengorganisaisan pendidikan inklusi di dengan melakukan
pembagian tugas, ada seseorang yang ditunjuk sebagai penanggung jawab pelaksanaan
pendidikan inklusi, dibantu guru kelas, guru mata pelajaran dan guru pendamping; 3)
Pelaksanaan pendidikan inklusi menggunakan kurikulum K-13 modifikasi dan model
pembelajarannya menggunakanTwo Teachers yaitu pembelajaran yang dilakukan
oleh dua orang guru.Kurikulum dan model pembelajaran yang digunakan disesuaikan dengankebutuhan dan karakteristik setiap individu. Setiap siswa
mempunyaikeragaman dan kelainan secara fisik, intelektual, sosial dan emosionalnya; 4) Pengawasan pendidikan inklusi Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU Sindang Mrebet Purbalingga dilakukan setiap tiga bulan sekali. Monitoring ini dilakukan juga dengan pembagian hasil evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus yang akan disampaikan pada wali peserta didik. Selain itu, setiap bulan diadakan rapat bulan sebagai salah satu jalan pengarahan dan pengendalian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : DR. Imam Satibi,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: manajemen, pendidikan, inklusi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 02:08
Last Modified: 03 Dec 2022 02:08
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item
View Item