MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH 02 DANAKERTA KECAMATAN PUNGGELAN BANJARNEGARA

NURIYAH, NIM.2010777 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH 02 DANAKERTA KECAMATAN PUNGGELAN BANJARNEGARA. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of nuriyah.pdf] Text
nuriyah.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuriyah, Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 02 Danakerta
Kecamatan Punggelan Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana, IAINU
Kebumen, 2022.
Tesis membahas tentang Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 02
Danakerta Kecamatan Punggelan Banjarnegara ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19? 2) Bagaimana
pengorganisasian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada
masa pandemi covid-19? 3) Bagaimana implementasi pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19? 4) Bagaimana
evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa
pandemi covid-19 di MI Muhammadiyah 02 Danakerta Kecamatan Punggelan
Banjarnegara?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara
dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi
data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar yaitu guru membuat dan menyiapkan (a) program
tahunan, (b) program semester, (c) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; 2)
Pengorganisasian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu (a)
menyediakan fasilitas, perlengkapan dan personel yang diperlukan; (b)
pengelompokkan komponen pembelajaran dalam struktur sekolah secara teratur;
(c) membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi pembelajaran; (d)
merumuskan dan menetapkan metode dan prosedur pembelajaran; dan (e)
memilih, mengadakan latihan; 3) Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan
prestasi belajar melalui kegiatan apersepsi, pendekatan pembelajaran metode
pembelajaran dan media pembelajaran; 4) Pengawasan dan evaluasi pembelajaran
dalam meningkatkan prestasi belajar menggunakan tes dan non-tes dalam bentuk
tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya
berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Imam Satibi,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: manajemen, pembelajaran, prestasi belajar, pandemi
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 03 Dec 2022 01:50
Last Modified: 03 Dec 2022 01:50
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item