MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MUHAMMADIYAH 1 KALIBENING BANJARNEGARA

NUR MUHAMAD AMIN, NIM.2010785 (2022) MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MUHAMMADIYAH 1 KALIBENING BANJARNEGARA. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of nur muhamad amin.pdf] Text
nur muhamad amin.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Muhamad Amin, NIM: 2010785. Manajemen Supervisi Akademik
Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Muhammadiyah 1 Kalibening
Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana Institut Agama Islam
Nahdlatul Ulama Kebumen, 2022
Upaya peningkatan kinerja guru di sekolah bukan masalah yang
sederhana, tetapi memerlukan penanganan yang multidimensi dengan
melibatkan berbagai pihak yang terkait. Tujuan penelitian ini mengkaji
pelaksanaan supervisi akademik dalam upaya memperbaiki kemampuan
mengajar guru dan meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran yang
efektif, melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualiatif. Menggunakan teori Jhon Minor Gwynn didukung teori lain yang
relevan. Informan dalam penelitian ini kepala, wakil kepala dan guru. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Seluruh data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh
data analisis dengan model interaktif dengan alur, pencatatan data, reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian bahwa supervisi akademik kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di MTs Muhammadiyah 1 Kalibening, yang
meliputi, (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dirumuskan
dengan model pendekatan kolaboratif disusun pada awal tahun. Jenis
programnya meliputi Program tahunan, program semester yang disusun
berdasarkan identifikasi, analisa dan evaluasi tahun sebelumnya, (2)
Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah;
pendelegasian wakil kepala sekolah dan guru senior untuk melaksanakan
supervisi, menggunakan tehnik yang bersifat individu dan kelompok meliputi
supervisi guru terhadap kemampuan merencanakan, melaksanakan
pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar dengan membangun komunikasi
yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif maupun
kolaboratif, (3) Evaluasi yang merupakan bagian terpenting dalam supervisi
kepala sekolah yang dilakukan dengan cara menilai kesiapan, kelengkapan
administrasi guru, melakukan umpan balik kepada guru baik dalam catatan
instrumen maupun pembinaan melaui Teknik yang bersifat individu maupun
kelompok kepada guru dan pembinaan melalui rapat sekolah dan juga
melakukan refleksi termasuk didalamnya melakukan bimbingan personal dan
kelompok serta mengikut sertakan guru-guru dalam diklat serta kegiatan
KKG dan mengikutsertakan dalam pelatihan yang rutin dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Imam Satibi,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:45
Last Modified: 30 Nov 2022 07:45
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item
View Item