KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KECEPIT KECAMAATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Sodikin, NIM. 2010793 (2022) KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KECEPIT KECAMAATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, IAINU Kebumen.

[thumbnail of Revisi Tesis Munaqosah Sodikin.pdf] Text
Revisi Tesis Munaqosah Sodikin.pdf - Published Version

Download (963kB)

Abstract

Sodikin, Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Kecamaatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara, Tesis, Program Pascasarjana IAINUKebumen, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya sekolah atau madrasah yang menerapkan gaya kepemimpinan kharismatik bagi kepala sekolah, namun sikap kharismatik ini sangat unik jika terdapat dari seseorang yang menjadi kepala sekolah akan lebih terlihat menarik, karena disisi lain kepala sekolah bukan saja menjadi faktor utama untuk pendorong jalannya ruang lingkup manajemen sekolah, namun kepala sekolah ialah seseorang yang juga berpe ngaruh tinggi untuk dapat dicontoh sikap, prilaku dan ucapannya oleh guru, staf, dan peserta didik dalam ruang lingkup sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif denganpendekatan fenomenologi pada penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kecepit Kecamaatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Seluruh data dianalisis dengan model interaktif dengan alur: pencatatandata, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, kepemimpinan kharismatik dalam mengelola aspirasi dalam peningkatan lebih berfokus pada karakter kepala sekolah yang tidak pernah ragu, berfikir matang sebelum bertindak dan memiliki jiwa yang tegas. Kedua, kepemimpinan kharismatik dalam membangun kewibawaan di Madrasah dalam meningkatkan Kinerja Guru lebih berfokus pada adanya rasa kagum dari warga sekolah, menjadi panutan, dan mampu menjadi figur yang baik. Ketiga, kepemimpinan kharismatik dalam membangun komitmen lebih berfokus pada karakter kepala sekolah yang memiliki visi, misi dan tujuan, berfikir kedepan, serta membawa perubahan. Temuan di atas menunjukkan bahwa, teori yang dikemukakan Max Webber tentang ciri-ciri kepemimpinan khariskatik memiliki korelasi yang nyata dalam kepemimpinan kepala madrasah, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kinerja guru. Kata Kunci : kepemimpinan, kharismatik, kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing Dr. H. Imam Satibi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, kharismatik, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:22
Last Modified: 30 Nov 2022 07:22
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item
View Item