Khulasoh Himawati, NIM.18116417 (2022) Integrasi Sistem Pendidikan Salaf dan Khalaf di Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (500kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (246kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (175kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB)
Abstract
ABSTRAK
Anggun Lutfiani. 18116438. Integrasi Sistem Pendidikan Salaf dan Khalaf di
Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong.
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui sistem kurikulum, dan
metode pembelajaran dalam integrasi salaf dan khalaf di Pondok Pesantren
Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong; (2) untuk mengetahui pelaksanaan integrasi
sistem pendidikan salaf dan khalaf di Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5
Gombong.
Penelitian ini berupa penelitian lapangan, menggunakan metode kualitatif.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Subjek penelitian ini adalah Pengasuk Pondok Pesantren, Asatidz, dan para santri
Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong. Data yang dikumpulkan
berupa pelaksanaan integrasi sistem pendidikan salaf dan khalaf yang terjadi di
Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kurikulum
yang digunakan Pondok Pesantren Bilingual An-Nahdliyah 5 Gombong
merupakan kurikulum salaf dengan kitab-kitab klasik sebagai materi pokok, dan
dengan memadupadankan metode khalaf yaitu klasikal sebagai metode
pembelajaran; (2) pelaksanaan beberapa aspek yang menunjukkan adanya
integrasi sistem pendidikan salaf dan khalaf di Pondok Pesantren Bilingual An�Nahdliyah 5 Gombong diantaranya adalah: (a) alokasi waktu disesuaikan
mengingat para santrinya merupakan pelajar di SMK Ma’arif 5 Gombong; (b)
kegiatan keterampilan dan teknologi diajarkan setelah pualng sekolah/diluar jam
mengaji; (c) manajerial kepemimpinan terintregasi dengan model kepemimpinan
demokratis karismatik; (d) santri enterpreneur yang diajarkan meliputi pertanian
hidroponik, penjualan madu murni, sabun cuci piring, anyaman dari daun pandan;
(e) integrasi tenaga pendidik, asatidz yang mengajar berasal dari internal dan
eksternal.
Kata Kunci: Integrasi, Sistem Pendidikan Salaf, Sistem Pendidikan Khalaf.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi pendidikan inklusif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:59 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/398 |