HUBUNGAN PEMBIASAAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI GIWANGRETNO SRUWENG

DEWI OKTAVIANA, NIM.1812850 and Bahrun Ali Murtopo, M.Pd.I., NIDN.2116058201 (2022) HUBUNGAN PEMBIASAAN LITERASI NUMERASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V MI GIWANGRETNO SRUWENG. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi Penelitian Kuantitatif_Via_Revisi Munaqosyah_FIX.pdf] Text
Skripsi Penelitian Kuantitatif_Via_Revisi Munaqosyah_FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Dewi Oktaviana. 1812850. Hubungan Pembiasaan Literasi Numerasi terhadap
Hasil Belajar Matematika Kelas V MI Giwangretno Sruweng.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pembiasaan literasi
numerasi peserta didik kelas V di MI Giwangretno Sruweng; (2) hasil belajar
matematika peserta didik kelas V di MI Giwangretno Sruweng; (3 hubungan
pembiasaan literasi numerasi terhadap hasil belajar Matematika kelas V MI
Giwangretno Sruweng.
Penelitian ini berupa Penelitian Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas V MI Giwangretno berjumlah 47 siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode korelasi. Data yang dikumpulkan berupa kuesioner
pelaksanaan pembiasaan literasi numerasi dan hasil belajar matematika berupa hasil
penilaian akhir tahun pada semester 2 mata pelajaran matematika. Dalam penelitian
ini menggunakan analisis statistik dengan teknik analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembiasaan
literasi matematika kelas V MI Giwangretno Sruweng ada pada tingkat yang tinggi
dengan perolehan persentase indikator basis kelas yaitu 80,8%, basis budaya
sekolah dengan persentase yaitu 72,5%, basis masyarakat dengan persentase yaitu
65,6%, dan proses pembiasaan literasi numerasi dengan persentase 70,3%. Dari
hasil tersebut secara keseluruhan pada setiap indikator literasi numerasi pada
kategori tinggi.; (2) Hasil nilai matematika kelas V MI Giwangretno mengalami
kenaikan dari semester I ke semester II. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai
rata-rata pada Penilaian Akhir Semester (PAS) I yaitu 57,6 dengan perolehan nilai
rata-rata Penilaian Akhir Tahun (PAT) II yaitu 76,9 dengan kriteria baik.; (3)
Terdapat hubungan yang positif pada tingkat sedang antara pembiasaan literasi
numerasi dengan hasil belajar matematika kelas V MI Giwangretno yaitu dihasilkan
rxy (0,45) > r berdasarkan hasil interpretasi dan koefisien korelasi product moment
pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Pembiasaan Literasi Numerasi, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Literasi Numerasi, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:31
Last Modified: 23 Aug 2022 02:31
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item
View Item