UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SOSIAL SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS VII H DI MTS NEGERI 8 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Amin Farid, NIM.17116263 (2021) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SOSIAL SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS VII H DI MTS NEGERI 8 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (275kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (103kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Published Version

Download (22kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (208kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB)

Abstract

ABSTRAK
Amin Farid. 17116263. Upaya Guru Akkidah Akhlak Dalam Mengingkatkan
Karakter Sosial Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas VII H Di MTs
Negeri 8 Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021
Tujuan Penelitian ini: (1) untuk mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam
meningkatkan karakter sosial siswa di masa pandemi di kelas vii h MTs N 8
Kebumen ; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya
guru akidah akhlak dalam meningkatkan karakter sosial siswa di masa pandemi di
kelas vii h MTs N 8 Kebumen.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif. Objek yang diteliti adalah
wakil kepala madrasah bidang kesiswaan dan guru akidah akhlak kelas vii h di
MTs N 8 Kebumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, wawancara dan
dokumentasi mengenai upaya guru akidah akhlak dan faktor pendukung serta
penghambat dalam upaya meningkatkan karakter sosial siswa di MTs N 8
Kebumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif studi kasus.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) upaya guru akidah
akhlak dalam meningkatkan karakter sosial siswa di masa pandemi adalah dengan
meningkatkan sikap empati, tolong menolong, toleransi, sopan santun, dan
mendatangkan siswa ke madrasah dan mengajak siswa untuk bersedekah. (2)
Faktor pendukung guru akidah akhlak dalam upaya meningkatkan karakter sosial
siswa di masa pandemi meliputi kesempatan, dukungan dari Kepala Madrasah
dan lingkungan masyarakat sekitar sekolah. Faktor penghambat guru akidah
akhlak dalam upaya meningkatkan karakter sosial siswa di masa pandemi meliputi
latar belakang keluarga, kemauan atau kesadaran siswa, serta lingkungan
pergaulan siswa.
Kata kunci : Guru Akidah Akhlak, Karakter Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru Akidah akhlak, Karakter Sosial
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2022 02:39
Last Modified: 12 Jun 2022 02:39
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item
View Item