POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI�NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Game Online “Mobile Legend” di Dukuh Gedog Desa Srati Kecamatan Ayah

LINATU SOFIYA, 1632046 (2020) POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI�NILAI KEAGAMAAN PADA ANAK PECANDU GAME ONLINE (Studi Kasus Game Online “Mobile Legend” di Dukuh Gedog Desa Srati Kecamatan Ayah. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi KPI Cover] Text (Skripsi KPI Cover)
Bagian Depan BARU jadi (pdf).pdf - Published Version

Download (767kB)
[thumbnail of Skripsi KPI] Text (Skripsi KPI)
BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (370kB)
[thumbnail of Skripsi KPI BAB II] Text (Skripsi KPI BAB II)
BAB 3 pdf.pdf - Published Version

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK
Linatu Sofiya, Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Keagamaan pada Anak Pecandu Game Online (Studi Kasus Game Online
“Mobile Legend” Di Dukuh Gedog Desa Srati Kecamatan Ayah).
Di zaman modern ini, perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi
sudah semakin maju. Penggunaan gadget yang sedang marak di kalangan remaja
menjadikan mereka mudah mengakses game online “Mobile Legend” yang saat
ini sedang digandrungi anak remaja. Ketergantungan terhadap game online
menimbulkan terjadinya suatu kontradiksi atau ketegangan antara anak dan orang
tuanya. Fokus permasalahan pada penelitian ini dibatasi pada anak remaja berusia
12-18 tahun di Dukuh Gedog Desa Srati Kecamatan Ayah.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
deskriptif dengan metode studi kasus. Kemudian desain penelitian ini bersumber
dari data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data, yaitu observasi di
lapangan terutama wawancara dengan subjek penelitian, yakni orang tua dan anak
remaja. Penelitian ini menggunakan teori Dialektika Relasional dari Leslie Baxter
dan Montgomery.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pola komunikasi orang tua
dilakukan dengan berbagai cara atau pola interaksi dalam menanamkan nilai-nilai
keagamaan. Dalam sebuah hubungan antara orang tua dan anak yang pecandu
game online akan selalu terjadi kontradiksi ataupun keinginan yang berbeda
diantara keduanya. Pada penelitian ini, peneliti menemukan dari data komunikasi
antara orang tua dan anak pecandu game online “Mobile Legend”, sang anak
merasa memiliki dunia sendiri sehingga ia cenderung menyepelekan nilai-nilai
agama seperti ibadah solat dan mengaji serta sikap anak yang kurang baik. Dalam
hal ini orang tua memberikan nasihat secara terus-menerus terhadap anaknya
tentang bahaya meninggalkan ibadah hanya karena bermain game online.
Kata kunci : Game Online, Pola Komunikasi, Anak, Orang Tua, Dialektika
Relasional, Nilai Agama

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Online, Pola Komunikasi, Anak, Orang Tua, Dialektika Relasional, Nilai Agama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:21
Last Modified: 13 Sep 2021 02:21
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item