Penerapan Metode Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Petanahan Kebumen

Amimatus Sholihah, NIM.17116226 and H. Agus Salim Chamidi, M.Pd.I., NIDN.2102026601 (2021) Penerapan Metode Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Petanahan Kebumen. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI Cover] Text (Skripsi PAI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (602kB)
[thumbnail of Skripsi BAB II] Text (Skripsi BAB II)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (503kB)
[thumbnail of Skripsi BAB II] Text (Skripsi BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (640kB)
[thumbnail of Skripsi BAB III] Text (Skripsi BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (220kB)
[thumbnail of Skripsi BAB IV] Text (Skripsi BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version

Download (410kB)
[thumbnail of Daftar pustaka] Text (Daftar pustaka)
7. Daftar Pustaka f.pdf - Published Version

Download (213kB)

Abstract

ABSTRAK
Amimatus Sholihah.17116226, Penerapan Metode Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Petanahan Kebumen, Fakultas
Tarbiyah, IAINU Kebumen Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Petanahan, mengetahui
penerapan metode pembelajaran selama tahun ajaran 2021-2022, dan mengetahui
apa saja kendala yang terjadi selama proses penerapan metode-metode yang di
ajarkan dan bagaimana solusi yang di lakukan oleh guru pendidikan agama islam
dalam mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan yang berlandasan pada filsafat post positivisme untuk
meneliti kondisi yang alamiah. Adapun sumber data penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya
metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Lalu teknik analisa data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut, perencanaan, memulai pengumpulan data, pengumpulan data dasar,
pengumpulan data penutup, melengkapi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses belajar di SMA Negeri 1
Petanahan berjalan cukup efektif dan efesien sesuai dengan konsep dasar proses
pembelajaran yang di lakukan oleh para pendidik pada umumnya yaitu peserta
didik mengikuti proses pembelajaran dengan antusias, baik dalam pengetahuan
umum maupun pendidikan agama islam. Adapun ragam metode yang di terapkan
dalam proses pembelajaran antara lain: metode LMS (Learning Manajemen
Sistem), metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode diskusi.
Kata Kunci : Metode, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penerapan metode pembelajaran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:25
Last Modified: 09 Jun 2022 08:25
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item
View Item