Lutfiyah Nuraini, NIM.17116297 and Abdul Waid, S.H.I., M.S.I, NIDN.2116078202 (2021) Implementasi Nilai-Nilai Religius di MI Ma’arif Lemahduwur Kuwarasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (732kB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (279kB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (230kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB)
Abstract
ABSTRAK
Lutfiyah Nuraini. 17116297. Implementasi Nilai-Nilai Religius di
MI Ma’arif Lemahduwur.
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui apa saja nilai-nilai
religius yang ada di MI Ma’arif Lemahduwur (2) Mengetahui bagaimana
bentuk implementasi nilai-nilai Religius pada siswa-siswi di MI Ma’arif
Lemahduwur. (3) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam proses implementasi nili-nilai Religius pada siswa�siswi di MI Ma’arif Lemahduwur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian
dekriptif. Data yang diperoleh dengan menggunakan obervasi, wawancara
dan dokumentasi dengan objek penelitian Siswa, Guru dan Kepala Sekolah
di MI Ma’arif Lemahduwur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Implementasi
nilai-nilai religius pada siswa MI Ma’arif Lemahduwur dilakukan dengan
program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan rutin
terdapat dua proses implementasi yaitu dalam proses pembelajaran dan
diluar proses pembelajaran.Pertama,Nilai Tauhid yang dilakukan dengan
tahlilan setiap hari jum’at..Kedua,Nilai Ibadah yaitu dengan shalat Dhuha
berjama’ah, shalat dzuhur berjama’ah, membaca asma’ul khusna, dan
membaca shalawat.Ketiga, Nilai kedisiplinan yaitu dengan menghafal juz
amma minimal satu minngu sekali, Keempat,,Nilai ikhlas yaitu dengan
infaq dan kelima, Nilai keteladan dari guru dalam mencotohkan siswa�siswinya.
Faktor Pendukung ada faktor internal dan faktor eksternal,Faktor
Internal ialah dari peserta didik itu sendiri dapat dilihat sepeti kemauan
atau minat dalam belajarnya, tingat intelegensi, serta tingkat kerajinan
peserta didik untuk Faktor Eksternalnya adalah dukungan wali murid,
dukungan lingkungan madrasah itu sendiri, masyarakat sekitar yang
selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh madrasah.dan
Sarana dan prasarana yang lengkap mendukung pada kegiatan
implementasi nilai-nilai religius siswa.
Faktor Penghambat, Faktor internalnya yaitu naik turunnya minat
belajar peserta didik, Faktor eksternalnya adalah wali murid yang kurang
begitu memperhatiakan anaknya dalam pengawasan dirumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai, Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 03:29 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 03:29 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/339 |