KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT IMAM NAWAWI PERSPEKTIF UU NO. 14 TAHUN 2005

Khoeriyatul mustanginah, NIM.17116236 and Drs. H. Makhrur Adam Maulana, M.Ag, NIDN 2107076101 (2021) KONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT IMAM NAWAWI PERSPEKTIF UU NO. 14 TAHUN 2005. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi PAI BAB I-III] Text (Skripsi PAI BAB I-III)
skripsi khoeriyatul Bab 1-3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB V] Text (Skripsi PAI BAB V)
BAB V pdf.pdf - Published Version

Download (404kB)

Abstract

ABSTRAK
Khoeriyatul Mustanginah. 17116236. Konsep Kepribadian Guru Menurut Imam Nawawi Perspektif UU No.14 Tahun 2005.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi guru dewasa ini dimana faktor-faktor kepribadian baik itu berupa kearifan atau kebijaksanaan jarang dimiliki seorang guru, sehingga menjadikan anak didik kesulitan untuk mencari sosok idola panutan mereka, sedang anak-anak yang berada dalam usia remaja atau diambang kedewasaan sangat mencari dan merindukan figur keteladanan dan tokoh identifikasi yang akan diterima dan diikuti langkahnya. Berbagai kasus yang disebabkan oleh kepribadian guru yang kurang mantap, kurang stabil dan kurang dewasa, sering kita dengar diberita berita elektronik atau kita baca di majalah dan surat kabar. Misalnya, ada oknum guru yang menghamili peserta didiknya, terlibat penipuan atau pencurian, dan seorang ustadz yang terlibat kasus kriminal.Ini merupakan kabar yang sangat menyedihkan bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu kompetensi kepribadian guru harus lebih dimiliki oleh seorang guru.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kepribadian guru menurut Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalah Al-Qur’an dan relevansinya dengan UU Guru dan Dosen No. 14 Th. 2005. Penelitian ini merupakan penelitian literasi yang saya ambil dari kitab klasik karya Imam Nawawi, yaitu kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalah Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode hermeneutika dan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: konsep kepribadian yang di jelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalah Al-Qur’an sangat relevan dengan UU No.14 Tahun 2005. Perbedaam masa yang terjadi tidak merubah konsep kepribadian yang sebaiknya dimiliki oleh setiap guru.

Kata kunci: Konsep Kepribadian, Imam Nawawi, UU No. 14 Th 2005

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsep Kepribadian, Imam Nawawi, UU No. 14 Th 2005 Konsep Kepribadian, Imam Nawawi, UU No. 14 Th 2005
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2022 03:00
Last Modified: 06 Mar 2022 03:00
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item
View Item