PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF SEMPOR KEBUMEN

TJURIGO, NIM.1910625 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF SEMPOR KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis Daftar Pustaka] Text (Tesis Daftar Pustaka)
Tjurigo Daftar Pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (246kB)

Abstract

ABSTRAK

Tjurigo, NIM: 1910625. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Sempor Kebumen, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021.

Permasalahan yang dihadapi MTs Ma’arif Sempor adalah kinerja guru belum optimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik yakni kegiatan merencanakan progam pengajaran, melaksanakan pembelajaran, penilaian, ulangan harian, menyusun dan melaksanakan program perbaikan, serta program kegiatan pengembangan pada bidang pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya belum optimal. Untuk itu kepemimpinan transformasional kepala MTs Ma’arif Sempor dipandang sebagai upaya untuk peningkatan kinerja guru sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja dan mewujudkan suasana kerja yang lebih kondusif sehingga, pelaksanaan pendidikan di MTs Ma’arif Sempor dapat terlaksana secara efektif dan efisien yang berdampak pada produktivitas kinerja guru.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dimana peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif sehingga analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna menguji tingkat pengaruh atau yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kedua variabel. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, berdasarkan hasil analisis terhadap kepemimpinan transformasional kepala MTs Ma’arif Sempor diketahui nilai prosentase sebesar 63% sedangkan untuk nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 89,55 dengan demkian maka kepemimpinan transformasional kepala masuk kategori baik, sebab hasil prosentase dan nilai rata-rata yang diperoleh masuk kategori baik. Kedua, hasil analisis tentang kinerja guru di MTs Ma’arif Sempor diperoleh nilai prosentase sebanyak 70%, sedangkan nilai rata-rata diketahui sebesar 89,15 sehinggga variabel kinerja guru termasuk kategori baik, sebab hasil prosesntase dan nilai rata-rata yang diperoleh masuk dalam kategori baik. Ketiga, berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai rhitung sebesar 0,783, hasil analisis regresi tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel untuk N : 20 pada taraf signifikasi 1%, diperoleh nilai rtabel sebesar 0,561, sedangkan pada taraf signifikasi 5% diperoleh nilai rtabel sebesar 0,444, sedangkan rhitung diperoleh nilai sebesar 0,783. Hasil analisis startsistik tersebut, kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel atau (0,783>0,561>0,444) maka dapat disimpulkan bahwa nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel (rhitung > rtabel) sehingga kedua variabel mempunyai pengaruh antara kepemimpinan transformasional kepala terhadap kinerja guru MTs Ma’arif Sempor. Lebih lanjut berdasarkan tabel model summary out put komputer diperoleh nilai R Square sebesar 0,614. Hal tersebut yang berarti bahwa kepemimpinan transformasional kepala madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MTs Ma’arif Sempor sebesar 61,40%, sisanya sebesar 38,60% ditentukan oleh sebab lain di luar model regresi tersebut.
Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kinerja Guru.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:55
Last Modified: 08 Feb 2022 04:55
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/289

Actions (login required)

View Item
View Item