STRATEGI PEMASARAN VIRTUAL JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU 01 GANDRUNGMANGU KEC. GANDRUNGMANGU KAB. CILACAP

NUNUNG HERMAWATI, NIM: 1910681 and Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, NIDN : 2123027201 (2021) STRATEGI PEMASARAN VIRTUAL JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN ANIMO PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF NU 01 GANDRUNGMANGU KEC. GANDRUNGMANGU KAB. CILACAP. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (194kB)

Abstract

ABSTRAK

Nunung Hermawati, NIM 1910681. Strategi Pemasaran Virtual Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Animo Peserta Didik di Mts Ma’arif NU 01 Gandrungmangu Kec. Gandrungmangu Kab. Cilacap, Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2021

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya persaingan yang semakin kompetitif antar lembaga, dan adanya pandemi yang melanda yang mengakibatkan sektor pendidkan lumpuh, yang mana lembaga pendidikan harus tetap eksis dalam merekrut peserta didik. sehingga diperlukan adanya strategi pemasaran virtual jasa pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana memformulasikan segmentasi, targetting, dan positioning pasar sasaran jasa pendidikan di Mts Ma’arif NU 01 Gandrungmangu. Dan penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan segmentasi, targeting, dan positioning pasar jasa pendidikan di Mts Ma’arif NU 01 Gandrungmangu.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi pada penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU 01 Gandrungmangu. Peneliti sebagai instrumen utama, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan model interaktif dengan alur : pencatatan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksa keabsan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : strategi pemasaran virtual jasa pendidikan yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU 01 Gandrungmangu adalah Pertama, segmentasi pasar jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU 01 Gandrungmangu yaitu dengan menentukan kelompok yang akan dijadikan sasaran jasa pendidkan. Kedua, Targetting pasar jasa pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU 01 Gandrungmangu yaitu Madrasah menentukan segmen yang akan di layani dan banyaknya segmen, Ketiga Positioning pasar jasa pendidikan Madrasah Tsanawiyah ma’arif NU 01 Gandrungmangu adalah mempunyai brand tersendiri yang membedakan dengan madrasah lainnya, yaitu Unggul dan Agamis.

Kata Kunci : strategi pemasaran virtual, jasa pendidikan, meningkatkan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran virtual, jasa pendidikan, meningkatkan peserta didik.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:04
Last Modified: 19 Jan 2022 04:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item
View Item