MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MTs N 1 KEBUMEN

TRIYONO, NIM.1910686 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MTs N 1 KEBUMEN. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK

Triyono, NIM: 014.10.12.2816. Manajemen Mutu Pendidikan di MTs N 1
Kebumen. Tesis, Program Pascasarjana IAINU Kebumen, 2020.

Persepsi umum di masyarakat bahwa madrasah merupakan lembaga pendidikan kelas dua terbantahkan dengan munculnya prestasi para siswa MTS N
1 Kebumen yang mampu bersaing bahkan melebihi sekolah umum. Hal ini mendorong penulis mengadakan penelitian dengan tujuan mengetahui manajemen mutu pendidikan di MTs N 1 Kebumen, yang mengacu 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan.
Metode penelitiannya kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya terdiri dari: kepala madrasah, wakil kepala madrasah, ketua komite madrasah, ketua tata usaha madrasah, guru bimbingan konseling, dan ketua OSIS. Data-data yang diperoleh setelah diuji keabsahannya selanjutnya dilakukan analisis menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan manajemen mutu pendidikan di MTs N 1
Kebumen dilakukan secara tranformatif-participation dengan melibatkan seluruh komponen madrasah dan stakeholders melalui pendekatan nilai-nilai profesional, transparan, humanis, dan religius dengan mengacu 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan: (1) perencanaan pendidikan yang mengacu kejelasan visi-misi madrasah, standar mutu pendidikan, pengembangan kurikulum, peningkatan capaian nilai UN, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, serta pengadaan kelengkapan sarana prasarana pembelajaran dilakukan melalui penetapan tujuan, penyusunan strategi dan cara pencapaian tujuan, serta sumber daya yang diperlukan, yang terwujud dalam bentuk program kerja, baik program kerja jangka pendek, menegah maupun program kerja jangka panjang; (2) pengorganisasian dilakukan melalui pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik lainnya agar dapat menjalankan berbagai perencanaan pendidikan yang sudah diputuskan, yang terwujud dalam bentuk pembagian tugas kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai kemampuan dan kompetensinya; (3) pengarahan dilakukan secara profesional, sehat, dan dinamis melalui implementasi program kerja-program kerja yang tidak hanya mengandung nilai akademis (berorientasi kecerdasan, keterampilan, serta prestasi akademik siswa) tetapi juga nilai religius (berorientasi ketaqwaan dan akhlakul karimah siswa); (4) pengawasan dilakukan sesuai standar melalui monitoring, penilaian kinerja, pembinaan oleh kepala madrasah, supervisi kelas oleh pengawas dari Kementerian Agama, dengan memberdayakan seluruh komponen madrasah termasuk stakeholders untuk berpartisipasi dalam program peningkatan mutu madrasah.

Kata Kunci: Manajemen Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Manajemen Mutu Pendidikan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:44
Last Modified: 17 Jan 2022 03:44
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item