MANAJEMEN KELAS DALAM MEWUJUDKAN STUDENT WELLBEING DI MADRASAH IBTIDAIYAH YA BAKII KALISABUK 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

SITI MASNGUDAH, NIM 1910595 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN KELAS DALAM MEWUJUDKAN STUDENT WELLBEING DI MADRASAH IBTIDAIYAH YA BAKII KALISABUK 01 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis BAB I-III] Text (Tesis BAB I-III)
tesis BAB I-III.pdf - Published Version

Download (848kB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Siti Masngudah bab 5 pdf.pdf - Published Version

Download (766kB)

Abstract

ABSTRAK

SITI MASNGUDAH: Manajemen Kelas Dalam Mewujudkan Student Wellbeing Di Madrasah Ibtidaiyah Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya manajemen kelas dalam mewujudkna student wellbeing di madrasah. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Manajemen Kelas, Hambatan dan Solusi, serta Strategi dalam Mewujudkan Student Wellbeing di MI Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Implementasi manajemen kelas di MI Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa bagian yang pertama komponen pengelolaan kelas yang berhubungan dengan siswa dan yang kedua penglolaan kelas non siswa seperti yang berkaitan dengan alat peraga, ruangan dan lingkungan kelas; (2) Faktor yang menghambat serta mempengaruhi dalam manajemen kelas agar mampu mewujudkan student wellbeing di MI Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap antara lain yaitu Faktor Lingkungan Fisik, Faktor Sosial Emosional, dan Faktor Organisasional di madrasah tersebut. Adapun solusi mengatasi hambatan yang terjadi dalam mengimplementasian manajemen kelas yaitu guru MI Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap melakukan fungsinya sebagai manajer dalam meningkatkan proses pembelajaran, seperti dengan melaksanakan kegiatan pembinaan pada siswa, memberikan saran-saran positif, tukar pikiran atau sumbang saran guru pada siswa sebagai upaya untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar yang pada akhirnya mengupayakan untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri; (3) Ada dua macam strategi manajemen kelas yang diimplementasikan oleh guru-guru di MI Ya Bakii Kalisabuk 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dalam rangka mewujudkan student wellbeing, yaitu manajemen kelas preventif dan manajemen kelas kuratif. Manajemen kelas preventif dilakukan guru dengan memiliki inisiatif sendiri dalam mengupayakan menciptakan suatu kondisi interaksi yang menyenangkan, menarik siswa sehingga menimbulkan suasana pembelajaran yang kondusif yang dirasakan nyaman dan luar biasa oleh siswa, yang pada akhirnya proses pembelajaran seperti itu dapat membawa keuntungan terutama dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Sementara itu manajemen kelas kuratif adalah yang dilaksanakan karena terjadi penyimpangan pada tingkah laku siswa, sehinggamengganggu jalannya proses pembelajaran.
Kata kunci: Manajemen Kelas, Student Wellbeing

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Student Wellbeing
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:04
Last Modified: 12 Jan 2022 04:04
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item
View Item