Implementasi Manajemen Peserta Didik di Mts Hidayatusshibyan Karangsari Kutowinangun.

Af Idatul Hurriyah, NIM.1713080 (2021) Implementasi Manajemen Peserta Didik di Mts Hidayatusshibyan Karangsari Kutowinangun. Diploma thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Skripsi MPI Cover] Text (Skripsi MPI Cover)
1. COVER.pdf - Published Version

Download (840kB)
[thumbnail of Skripsi PAI BAB I] Text (Skripsi PAI BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB II] Text (Skripsi MPI BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (369kB)
[thumbnail of Skripsi MPI BAB V] Text (Skripsi MPI BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK
Af Idatul Hurriyah. 1713080. Implementasi Manajemen Peserta Didik di
Mts Hidayatusshibyan Karangsari Kutowinangun.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh animo masyarakat untuk masuk ke
MTs Hidayatusshibyan yang naik turun. Apalagi dengan adanya sistem yang baru
yaitu zonasi dan juga tidak semua madrasah atau sekolah dapat mempraktekkan
manajemen peserta didik dengan baik. Di MTs Hidayatushibyan Karangsari
dalam menyediakan layanan khusus untuk peserta didik masih kurang, seperti
buku diperpustakaan yang masih sedikit dan juga keberadaan kantin khusus dari
madrasah tidak ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan
peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi,
pengelompokan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik,
pencatatan dan pelaporan dan kelulusan dan alumni.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
analisis kebutuhan peserta didik dengan mengadakan rapat dewan guru,
rekruitmen peserta didik meliputi pembentukan panitia penerimaan peserta didik
baru, penyebaran informasi, menentukan syarat pendaftaran dan juga pelaksanaan
pendaftaran. Seleksi peserta didik meliputi seleksi berkas persyaratan, tes
wawancara, dan tes baca tulis Al Qur’an. Pada masa orientasi dengan
memperkenalkan budaya madrasah, tata tertib, perkenalan dewan guru dan
struktur organisasi guru.
Pengelompokkan peserta didik dengan acak agar semua peserta didik
dapat berbaur. Pembinaan dan pengembangan peserta didik meliputi kegiatan
ekstrakurikuler dan BK (Bimbingan Konseling). Dan untuk pencatatan dan
pelaporan masih dilakukan secara manual. Kelulusan dan alumni menyelesaikan
studi di madrasah dan madrasah secara aktif mengadakan reuni setiap 3 tahun
sekali. Implementasi manajemen peserta didik akan terlaksana dengan baik
apabila semua kegiatan dalam rangka pengembangan madrasah dilakukan dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen, Peserta Didik
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:52
Last Modified: 05 Jan 2022 06:52
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item
View Item