KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YABAKII KALISABUK 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

SITI MASRUROH, NIM 1910597 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I., NIDN.2131038501 (2021) KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YABAKII KALISABUK 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis cover, BAB I-III] Text (Tesis cover, BAB I-III)
Tesis Cover BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
Siti Masruroh bab 5 .pdf - Published Version

Download (379kB)

Abstract

ABSTRAK
SITI MASRUROH: Kepemimpinan Efektif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Ya Bakii Kalisabuk 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh motivasi kerja guru yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Efektif Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Ya Bakii Kalisabuk 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Kepala Madrasah Menciptakan dan Mempertahankan Sebuah Madrasah yang Kompetitif dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Kepala Madrasah sudah bisa menanamkan nilai-nilai atau budaya ramah terhadap warga madrasah. Ini dibuktikan adanya iklim organisasi yang terbangun di madrasah berjalan dengan baik, baik secara internal maupun eksternal; (2) Kepala Madrasah Memberdayakan Orang Lain untuk Membuat Keputusan yang Dignifikan dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Untuk pengembangan budaya mutu di madrasah, kepala madrasah telah menunjukkan kemampuannya mengelola sumber daya manusia yang berkualitas, dengan memasang orang-orang yang tepat sesuai keahliannya, memberikan dukungan kepada staf untuk pengembangan karirnya, memanfaatkan potensi para staf secara maksimal, serta bersikap hati-hati, tidak semena-mena, ramah, dan lebih mengedepankan tauladan; (3) Kepala Madrasah Memberikan Bimbingan Instruksional dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Banyak cara yang digunakan kepala madrasah untuk meningkatkan pembelajaran, yaitu: Mengevaluasi program pembelajaran; Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan pembelajaran; Mendorong warga sekolah untuk berkolaborasi dalam pembelajaran; Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, dan menyenangkan; Menggunakan teknik supervisi; dan Mendorong guru untuk meningkatkan profesinya; (4) Kepala Madrasah Mengembangkan dan Menerapkan Rencana Strategis serta Perbaikan Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru. Dalam mewujudkan pengembangan budaya mutu di madrasah, kepala madrasah mampu menciptakan, menjabarkan, serta memelihara visi yang kuat, yang dapat dilihat dari penanaman nilai-nilai atau budaya sekolah sebagai berikut: budaya bersih, budaya baca, budaya disiplin, budaya jujur, budaya religius, serta budaya berprestasi.
Kata kunci: Kepemimpinan Efektif, Kepala Madrasah, dan Motivasi Kerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 08:59
Last Modified: 15 Nov 2021 08:59
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item
View Item