MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA KETUNTASAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAKREJA 05 CILACAP SELATAN

KHOLIL, NIM 1910621 and Dr. H. Imam Satibi, S.Ag., M.Pd.I., NIDN.2123027201 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI UPAYA KETUNTASAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAKREJA 05 CILACAP SELATAN. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.

[thumbnail of Tesis Cover, BAB I-III] Text (Tesis Cover, BAB I-III)
Tesis Cover, BAB I-III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Tesis BAB V] Text (Tesis BAB V)
BAB 5 pdf.pdf - Published Version

Download (160kB)

Abstract

ABSTRAK
KHOLIL: Manajemen Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Ketuntasan Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri Tambakreja 05 Cilacap Selatan. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh permasalahan hasil pembelajaran yang kurang memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, Evaluasi, dan Pelaporan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PAI sebagai Upaya Ketuntasan KBM di SD N Tambakreja 05 Cilacap Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Perencanaan model pembelajaran daring yaitu dirumuskan pada awal tahun pelajaran dengan melibatkan seluruh komponen pengelola (komite sekolah, kepala sekolah, guru dan karyawan) sebagai bentuk pelayanan atas keberadaan mereka di madrasah. Setiap guru menyusun RPP yang diajukan kepada kepala sekolah. RPP tersebut disesuaikan dengan masa Pandemi Covid-19, dimana proses pembelajarannya menggunakan aplikasi smartphone; (2) Implementasi model pembelajaran daring yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam jenis aplikasi seperti whatsapp, google form, google meet dan kine master untuk membuat video pembelajaran. Guru membuat video pembelajaran dan mengirimkannya melalui aplikasi whatsapp agar siswa dapat membuka kembali materi pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut dan mempelajarinya ulang; (3) Pengawasan model pembelajaran daring dilakukan oleh Kepala sekolah ke grup-grup kelas-kelas, waktunya kondisional kepada Bapak atau Ibu Guru secara merata dari kelas 1 sampai dengan kelas VI; (4) Evaluasi model pembelajaran daring dilakukan setelah kegiatan belajar selesai, dengan tujuan untuk penelusuran, pengecekan, pencarian dan penyimpulan pelaksanaan meliputi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik dan aspek perilaku siswa serta tidak hanya menilai secara teori tetapi praktik. Bentuk penilaiannya adalah tes tertulis, tes lisan dan tes praktik, penugasan, kuis, kerja kelompok atau individu, penilaian hasil karya, penilaian sikap dan perilaku siswa; (5) Pelaporan model pembelajaran daring dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen personal maupun lembaga pendidikan. Adapun bentuk pelaporan tersebut yaitu: (a) Pelaporan penilaian oleh pendidik; (b) Pelaporan penilaian oleh satuan pendidikan; (c) Pelaporan penilaian oleh pemerintah.
Kata kunci: Manajemen Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Ketuntasan Kegiatan Belajar Mengajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Ketuntasan Kegiatan Belajar Mengajar
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2021 07:06
Last Modified: 13 Nov 2021 07:06
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item