ANISATUL HABIBAH, NIM 1910600 and Dr. Sulis Rokhmawanto, M.S.I, NIDN. 2131038501 (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERMUTU DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARWATA GLEMPANG MAOS. Masters thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU) Kebumen.
Tesis Cover BAB I-III.pdf - Published Version
Download (704kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Download (340kB)
Abstract
ABSTRAK
ANISATUL HABIBAH: Manajemen Pengembangan Kurikulum Dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darwata Glempang Maos. Tesis Pascasarjana, IAINU Kebumen, 2021.
Penelitian ini didasari oleh pentingnya kurikulum dalam mewujudkan pendidikan bermutu. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengontrolan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: (1) Perencanaan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan dengan mengadakan rapat bersama untuk membahas pengembangan kurikulum. Rapat tersebut dihadiri oleh pengurus yayasan, kepala madrasah, dan segenap dewan guru; (2) Pengorganisasian Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan dengan membentuk tim pelaksana pengembangan kurikulum. Kepala madrasah membagi tugas kerja kepada para pelaksana pengembangan kurikulum dan mengawasi kegiatan-kegiatan implementasi kurikulum; (3) Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilakukan melalui kegiatan pra instruksional, instruksional (inti/isi) dan tindak lanjut/evaluasi. Kurikulum yang telah dikembangkan diimplementasikan dengan mengacu pada kurikulum yang telah dikembangkan; (4) Pengontrolan Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di MI Darwata Glempang Maos dilaksanakan melalui kegiatan pengawasan dan evaluasi. Pengawasan dilakukan oleh Kepala Madrasah secara langsung, inspeksi mendadak (sidak), dan pengarahan secara berkala, berkelanjutan, dan menyeluruh. Adapun kegiatan evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh dewan guru melalui ujian.
Kata kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum, dan Pendidikan Bermutu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pengembangan Kurikulum, dan Pendidikan Bermutu |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | S2 PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 02:11 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/160 |