Ngaisah Muntifah, NIM. 19116702 and Syifa Hamama, S.I.Kom., M.Si.., 2116028603 (2023) Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MAN 3 Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).
1. COVER.pdf - Published Version
Download (1MB)
2. BAB I.pdf - Published Version
Download (202kB)
3. BAB II.pdf - Published Version
Download (1MB)
4. BAB III.pdf - Published Version
Download (105kB)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (939kB)
6. BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB)
Abstract
Tujuan Penelitian adalah: (1) untuk mengetahui apakah aplikasi kahoot dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MAN 3 Kebumen; (2) untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi kahoot sebagai alternative media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Di MAN 3 Kebumen; 3) untuk mengetahui respon peserta didik setelah penggunaan aplikasi kahoot sebagai alternative media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI di MAN 3 Kebumen. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 MAN 3 Kebumen dengan jumlah 26 peserta didik dan guru mapel Akidah Akhlak Kelas XI MAN 3 Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan aplikasi kahoot dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas XI MIPA 1 MAN 3 Kebumen dapat dijadikan sebagai alternative media pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik, juga menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan; (2) factor yang mendukung pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai di lingkungan madrasah dan pengetahuan peserta didik yang cukup luas mengenai teknologi, sedangkan factor penghambatnya adalah akses sinyal yang sulit dan keterbatasan kuoat internet; (3) respon peserta didik setelah penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran adalah sangat baik dan menunjukkan rasa senang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syifa Hamama, S.I.Kom., M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Aplikasi Kahoot, Media Pembelajaran Interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:31 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1087 |