Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Menerapkan Pendidikan Agama Islam di KBIT Ulil Albab Kebumen

Abdah Jalalatul Farokhah, 19116770 and Devi Yaniar Wi Hargina, M.Pd.I., 2113018803 (2023) Pola Asuh Anak Usia Dini dalam Menerapkan Pendidikan Agama Islam di KBIT Ulil Albab Kebumen. Other thesis, Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama ( IAINU Kebumen).

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (866kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf - Published Version

Download (284kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (110kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB)

Abstract

Dari penelitian ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai bagaimana pola asuh pendidik terhadap anak didiknya khususnya pada masa golden age ini, disamping adanya latar belakang kesibukan dari orangtua yang hampir sebagian besar adalah orang tua karier. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru formal, guru tpq dan wali anak didik. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik observasi seperti observasi lingkungan sekolah dan observasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, kemudian wawancara dengan berbagai informan, serta melaksanakan dokumentasi dokumentasi yang diperlukan. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini, pola asuh yang dilaksanakan di KBIT Ulil Albab Kebumen ada beberapa tahapan yaitu : (1) pra pola asuh; (2) pola asuh; (3) pasca pola asuh. Adapun dampak pola asuh yang muncul antara lain: (1) pra pola asuh: Bagi guru yaitu memudahkan dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan, Bagi orang tua yaitu menjadi wadah dan awal menjalin silaturahmi bersama pihak sekolah dan Bagi peserta didik yaitu sosial yang baik; (2) pola asuh : Anak merasa aman dan nyaman, Muncul rasa percaya diri, Anak mampu terbuka dengan guru , Anak menunjukkan sikap disiplin dan bertanggung jawab; (3) Pasca Pola Asuh : Anak terbiasa berperilaku baik, Anak mampu membiasakan berdoa, Anak mampu menunjukkan sikap saling menghargai dan menghormati.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing : Devi Yaniar Wi Hargina, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Golden Age, Anak Usia Dini, Pendidik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email admin@iainu-kebumen.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:33
Last Modified: 13 Jan 2024 02:38
URI: http://eprints.iainu-kebumen.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item
View Item